Bagaimana mengambil data dari Ebon EGPS 6500

9 April 2010


Saya baru saja membeli GPS receiver produknya Ebon harganya Rp 375 ribu. GPS tersebut dilengkapi dengan koneksi bluetooth, sehingga untuk penggunaannya Anda tidak perlu memakai kabel USB dongle.

Saya mencoba menggunakan alat tersebut sebagai piranti kontrol suatu mikrokontroller. Karena didalam GPS receiver tersebut dapat menampilkan data waktu, lokasi, ketinggian dari permukaan laut, dll



.Permasalahannya untuk menampilkan data mengambil data GPS tersebut ke dalam mikrokontroller. Kita harus terlebih dahulu menemukan pin Tx (Transmitter) pada GPS Receiver tersebut.

Awalnya saya mencoba langsung menghubungkan pin USB ke komputer menggunakan hyper terminal (koneksi kabel RS 232) untuk melihat hasil data yang dikeluarkan oleh receiver tersebut. *(dan ternyata tidak bisa)


Lalu Saya mencoba membongkar GPS receiver tersebut lalu mencari dimana letak pin Tx(Transmitter).




Inilah gambar rangkaian bagian dalamnya.


.......setelah berkali-kali mencoba saya masih belum menemukan. Teman-teman yang sekiranya mengerti mohon bantuannya......


4 komentar:

bagi2 mengatakan...

sapa kira-kira yang bisa yaaaa??

Anonim mengatakan...

hal serupa juga saya alami nih....
ni juga lagi da tugas tapi ga ketemu-ketemu...

yang menjadi pertanyaan harusnya TX n RX di port usb GPS ada atau tidak? karena USB cuma punya DP n DM aja. jadi harus ada konverternya...

kalo udah nemu solusinya bagi-bagi juga dunk!!!

salam,
jay

blog pandaan mengatakan...

Jika dilihat dari segi fisik, modul GPS receiver tersebut tersebut mempunyai pin DP dan DM.

Namun saya sudah membelikan sebuah kabel data untuk mengecek apakah itu benar2 berfungsi atau tidak yaitu dengan melihat data keluarannya pada hyperterminal....

dan ternyata hasilnya nihil. Tidak ada data yang keluar lewat DP dan DM..

ga taw jg nih mash coba2 dulu gan,,hehe

blogpandaan mengatakan...

GPS ebon 6500 sudah terdapat pin TX namun kita harus membongkar GPS tersebut mencarinya satu-satu pada setiap kaki..lalu melihat datanya pada osiloskop...data yang dikeluarkan GPS tersebut sudah berupa tegangan TTL..