Di Indonesia Namanya KRI (Kontes Robot Indonesia)

14 November 2008
ABU (Asia-Pasific Broadcasting Union) robocon merupakan suatu ajang kompetisi robot se-Asia yang diprakarsai oleh Jepang. Sejarah awal diadakannya Robocon yaitu ketika NHK university of Japan mengundang beberapa universitas di Asia untuk bertanding dalam ajang Perlombaan Robot. Nah...Salah satunya adalah Indonesia. Pada saat itu yang menjadi perwakilan dari Indonesia adalah PENS ITS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya).

Kontes tersebut diadakan tiap satu tahun sekali agar
dunia robot tetap memukau dan terus berkembang. Indonesia dalam mengirimkan timnya melakukan terlebih dahulu suatu seleksi regional yang dinamakan Kontes Robot Indonesia (KRI). Tema yang diambil sama dengan tema pada robocon tetapi biasanya ada beberapa sedikit perubahan.


JEPANG : Transportasi menggunakan kago Th 1980-1986

Tahun 2009 ini Robocon akan diadakan di Jepang. Temanya adalah Travel Together for The Victory Drum (Pergi bersama untuk drum kemenangan) yang di buat oleh Prof. Shimizu (Orang Jepang). Inti dari tema ini yaitu mengacu pada budaya tradisional Jepang, pada saat dahulu (Th 1860-an) orang Jepang menggunakan transportasi kago (seperti keranda) yang diangkat oleh 2 orang.

Peserta akan membuat 3 robot yaitu terdiri 2 robot otomatis dan 1 robot manual. Ketiga robot ini akan melewati gundukan, rintangan zig-zag dan pada saat terakhir robot otomatis yang diangkat harus memukul drum ditengah lapangan. Untuk melihat lebih jauh mengenai peraturan pada ABU- ROBOCON silahkan mengunjungi situs www.aburobocon2009.com

Tidak ada komentar: