Inovasi Menghadapi Global Warming

5 Agustus 2009






Mobil Elektrik menggunakan energi listrik, dikeluarkan oleh salah satu perusahaan otomotif Jepang.



Mobil Panel Surya kini digunakan sebagai ajang balapan


Pemakaian bahan bakar pada kendaraan bermotor mengakibatkan bertambahnya kadar kabon dioksida (CO2) ke atmosfer kita. Akan tetapi hal tersebut dapat kita kurangi dengan meningkatkan efisiensi bahan bakar yang kita pakai. Dan alangkah lebih baiknya jika kita bisa beralih memakai solar cell (dapat mengubah energi matahari menjadi listrik). Beberapa Negara yang telah sadar kini mulai berusaha beralih untuk mengembangkan energy listrik. Namun bagi kalian anak-anak remaja cukup untuk melakukan beberapa tips berikut :

1. Pandai membeli
Sebelum kita membeli suatu kendaraan baik itu baru maupun bekas, cek dulu apakah kendaraan tersebut telah lolos uji emisi. Green Vehicle Guide (www.epa.gov) memberikan informasi mengenai tentang emisi gas (termasuk kadar polusi udara dan gas rumah kaca) dan efisiensi bahan bakar yang ekonomis.

2. Mengemudikan kendaraan
Sangatlah mudah kita menambah efisiensi bakar saat kita mengemudi, cukup hindari perubahan akselerasi yang meningkat tajam (menginjak pedal gas secara tiba-tiba), tidak terlalu lama memanasi kendaraan, dan melepas aksesori yang dapat mengurangi berat kendaraan.

3. Servis kendaraan Anda
Merawat mobil demi mempertahankan efisiensi bahan bakar, agar emisi gas buang tidak terlalu berlebihan. Ikuti ketentuan jadwal servis kendaraan sesuai dengan yang dispesifikasikan oleh pabrik. Secara berkala cek filter udara pada mesin. Serta tak lupa gunakan oli mesin yang telah ditentukan pabrik.

4. Istirahatkan mobil Anda
Jika memungkinkan manfaatkan jasa angkutan umum, sepeda angin atau berjalan kaki untuk menghindari pemakaian kendaraan pribadi. Meninggalkan mobil Anda dirumah selama 1 hari dalam seminggu sudah termasuk mengurangi jumlah kenaikan gas rumah kaca. Dan untuk komunikasi bolak-balik hindari pemakaian kendaraan Anda, cobalah untuk memakai alat telekomunikasi.

5. Gunakan bahan bakar yang dapat diperbaharui
E85 dan biodiesel adalah bahan bakar yang dapat diperbaharui sehingga memungkinkan Anda untuk mengurangi efek gas rumah kaca. E85 mengandung 85 % ethanol yang dapat digunakan untuk mesin berteknologi Flex Fuel Vehicles (FFVs).



\\Dikutip dari berbagai sumber

Tidak ada komentar: